Gorden Etnik, Ragam Pilihan dan Ukurannya

27 April 2018 - Kategori Blog

Gorden Etnik

Gorden etnik merupakan potongan tekstil atau kain yang biasanya dipakai di jendela untuk menghalangi masuknya cahaya. Meskipun biasanya dipajang di jendela namun gorden juga bisa di pasang di bagian ruangan yang lain, seperti pintu. Gorden merupakan salah satu bagian dari furniture ruangan yang memiliki banyak fungsi, diantaranya; sebagai penutup jendela, hiasan jendela dan ruangan, serta gorden penghias pintu kamar.

Selain itu, gorden juga dapat berguna untuk menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan, serta untuk mencegah orang dari luar dapat melihat ke dalam rumah atau bangunan. Ada begitu banyak model dan desain gorden yang saat ini sedang menjadi trend dan banyak diminati. Misalnya, gorden putih standar yang memiliki kesan sederhana dan rapi, ada pula model desain gorden berponi yang memiliki kesan hangat, serta gorden tanpa poni yang berkesan simple dan modern. Selain banyak model desainnya, gorden juga memiliki banyak motif seperti motif bunga, gambar karakter animasi terkenal, motif polkadot, dan motif-motif yang unik lainnya.

ragam gorden etnik yang bisa anda pilih

Gorden merupakan potongan tekstil atau kain yang biasanya dipakai di jendela untuk menghalangi masuknya cahaya. Meskipun biasanya dipajang di jendela namun gorden juga bisa di pasang di bagian ruangan yang lain, seperti pintu

Khusus untuk rumah bergaya etnik yang mengadopsi bentuk-bentuk rumah etnik atau tradisional Indonesia, misalnya seperti rumah tradisional Jawa, rumah tradisional Bali, rumah tradisional Minang, dan lain sebagainya yang dikombinasikan dengan sentuhan modern diperlukan pemilihan gorden yang juga memiliki nuansa etnik.Sehingga dengan unsur-unsur alam tersebut akan sangat baik bila untuk gorden yang digunakan adalah gorden etnik.

Sebaiknya, pilihlah gorden bergaya etnik dengan model yang tidak rumit, sebab biasanya detail-detail etnik sudah cukup rumit, terutama pada ukiran jendelanya. Gorden yang dipilih juga sebaiknya yang berbahan blacu yang dipadukan dnegan batik tradisional agar dapat memberikan kesan hangat pada ruangan. Untuk tiang penyangga gantungannya sebaiknya dipilih dari bahan kayu atau besi tempa.

 

Di pasaran telah ada banyak bentuk dan model gorden etnik yang tentunya memiliki desain –desain yang bagus yang bisa dipilih. Salah satu contohnya adalah gorden yang menampilkan khas budaya Yogyakarta dengan kombinasi bahan batik dan pernak-pernik atau aksesoris dari kancing khas Yogya.

Ada pula gorden lukis modern yang tersedia dengan berbagai model dan motif yang merupakan gorden kombinasi border dan gambar lukisan. Ada pula jenis gorden yang terbuat dari kain tenun dengan macam-macam motif pilihan. Untuk warnanya sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan warna favorit masing-masing atau bisa juga disesuaikan dengan warna konsep ruangannnya. Namun, lebih baik bila yang dipilih adalah warna-warna natural agar dapat menyatu dengan keseluruhan gaya etnik.

Ukuran Gorden Etnik

Untuk ukuran gorden yang dipilih, ukuran panjang dan lebar dari gorden dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari jendela ruangan pemilik rumah. Sebelum membeli gorden sebaiknya diukur dahulu ukuran jendela yang akan diberi gorden supaya menemukan kesesuaian ukuran yang tepat. Untuk aksesoris gorden bergaya etnik dapat menggunakan vitrase. Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai ragam gorden etnik. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anda dalam menentukan gorden yang tepat untuk rumah bergaya etnik milik anda.

 
Chat via Whatsapp