Cara Mencuci dan Menyetrika Gorden

[Panduan Praktis] Cara Mencuci dan Menyetrika Gorden

[Panduan Praktis] Cara Mencuci dan Menyetrika Gorden. Berikut ini adalah tips untuk Anda jika ingin merawat gorden Anda tetap bersih dan enak dipandang. Yaitu tentunya dengan cara mencuci dan menyetrika gorden. Artikel tips ini saya kutip dari situs resmi rinso.com . Bagaimanakah caranya? Yuk baca artikel ini sampai habis…!

Sebelumnya apakah Anda ingat kapan terakhir kali mencuci gorden Anda di rumah? Ukuran gorden yang lebar dan juga bahannya yang juga khusus kadang-kadang membuat Anda berfikir 2x untuk mencuci gorden sendiri. Gorden baiknya dicuci 3 sampai dengan 6 bulan sekali.

Mengapa? Alasannya cukup sederhana! Karena posisi gorden yang selalu menggantung di jendela dan juga pintu rumah Anda, membuat gorden menjadi tempat bersandarnya debu-debu. Biasanya gorden jadi cepat kotor dan kusam, dan itu pastinya tidak baik untuk kesehatan dan juga pernafasan, terutama jika di keluarga Anda ada anggota keluarga yang memiliki asma atau juga alergi terhadap debu. Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan membawanya ke penatu.

Cara ini tentunya lebih mudah, tetapi Anda membutuhkan biaya lebih. Padahal, jika mengetahui caranya, tentu Anda akan lebih memilih untuk bisa mencuci gorden sendiri di rumah. Untuk mengetahui bagaiamana cara mencuci gorden dengan mesin cuci dan juga beberapa tips dalam menyetrika gorden, berikut ini caranya!

Cara Mencuci dan Menyetrika Gorden

Cara Mencuci dan Menyetrika Gorden

#1 Kenali Bahan Pembuat Gorden

Memang tidak semua gorden bisa dengan mudah dicuci dengan mesin cuci. Untuk beberapa jenis gorden yang terbuat dari jenis kain katun, polyester, dan satin yang sifatnya ringan dan lemas, pada umumnya bisa dicuci biasa dengan mesin cuci. Sedangkan untuk bahan yang lebih berat dan tebal contohnya seperti beludru dan juga organza biasanya membutuhkan pengaturan khusus saat dicuci dengan mesin cuci.

Sebelum Anda mencuci atau membawa gorden Anda ke penatu, baiknya Anda kenali dulu bahan gorden milik Anda. Kebanyakan gorden biasanya tidak memiliki keterangan label perawatan. Ada baiknya Anda bertanya pada penjual saat Anda membelinya, apakah gorden tersebut terbuat dari bahan gorden yang bisa dicuci biasa atau harus dengan jasa dry clean.

#2 Cara Mengatasi Noda Pada Gorden

Sebelum Anda mencuci gorden dengan mesin cuci, pastikan gorden Anda sudah bersih dari noda. Untuk noda-noda ringan seperti makanan atau juga jejak tangan, Anda bisa langsung mencucinya dengan mesin cuci, bagusnya Anda memakai deterjen matic. Apabila Anda harus berhadapan dengan noda yang sangat membandel, oleskan sedikit saja deterjen cair langsung pada tempat noda tersebut. Selanjutnya Anda bisa rendam bagian gorden yang terkena noda tersebut selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu angkat gorden Anda dan kucek bagian gorden yang ada nodanya sampai noda tersebut memudar dan hilang.

#3 Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci

Untuk gorden yang sangat kotor, Anda bisa mengaktifkan fungsi pra-cuci pada mesin cuci Anda. Pre-wash adalah proses perendaman tanpa deterjen. Fungsi ini bisa membantu proses pengangkatan debu dan juga kotoran pada gorden sebelum proses pencucian dilakukan. Fungsi ini selain memastikan hasil cucian bisa lebih bersih juga dapat meringankan proses pencucian gorden itu sendiri. Jadi, untuk pencuciannya Anda cukup memilih pengaturan putaran delicate yang tentu lebih baik untuk serat kain dan juga bisa membantu menjaga agar gorden Anda tetap awet.

Gunakan deterjen yang sesuai dengan mesin cuci Anda. Untuk mesin cuci bukaan atas, gunakan deterjen dengan tingkat deterjensi tinggi yang bisa menghasilkan busa banyak. Sedangkan untuk mesin cuci bukaan depan, gunakan deterjen dengan tingkat deterjensi rendah sehingga busanya sedikit.

Cara Menyetrika Gorden

Berikut ini adalah 3 tips yang bisa Anda lakukan saat mencuci gorden agar membuat pekerjaan menyetrika gorden Anda menjadi lebih ringan:

  • Bergembiralah jika mesin cuci yang Anda miliki sudah lengkap dengan pengaturan Anti Kusut, karena bisa jadi Anda tidak perlu lagi menyetrika gorden tersebut.
  • Maksimal 2 lembar gorden yang Anda masukan ke dalam mesin cuci, dan pastikan juga Anda tidak mencampurnya dengan bahan berukuran lebar lainnya misalnya seprai atau juga karpet. Tujuannya yaitu untuk memberikan ruang gerak yang lebih pada gorden, sehingga hal itu bisa meminimalisir munculnya kusut dan juga lipatan.
  • Saat merendam gorden, pastikan Anda menggunakan deterjen yang mengandung pelembut.

Jika ada bagian gorden yang masih kelihatan kusut, Anda bisa menyetrika dengan tips berikut ini:

  • Pastikan panas setrika Anda sedang saja dan jangan terlalu tinggi agar tidak merusak serat kain gorden.
  • Lipat gordenn Anda menjadi beberapa bagian, kemudian setrika gorden per bagian tersebut.
  • Alternatif lain, Anda bisa menyetrika gorden dengan cara perlahan mulai dari bawah ke atas.

Mudah bukan? Mengapa harus menghabiskan uang banyak untuk membawa gorden ke penatu kalau Anda bisa mencuci dan menyetrika gorden sendiri di rumah dengan mesin cuci. Apakah Anda memiliki pengalaman unik tentang bagaiamana cara mencuci dan menyetrika gorden sendiri di rumah? Yuk, ceritakan pengalaman menarik Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Semoga bermanfaat

Yumindo | Toko Gorden Malang, Jual Gorden Murah & Berkualitas

www.jualgordenmurah.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *